Image default
Agriculture Tractor Machinery Tractor News

Mengintip Traktor Diesel Kubota MX5100 4WD

Pemerintah terus mendorong para petani Indonesia untuk mengoptimalkan pemanfaatan alat mesin pertanian (alsintan) dalam proses kerja mereka agar produktivitasnya makin tinggi. Pemanfaatan teknologi dan mekanisasi pertanian sudah tidak bisa terelakkan lagi.

Untuk itu, Kementerian Pertanian terus memberikan pelatihan pemanfaatan alat dan mesin pertanian kepada para penyuluh dan petani di tanah air.

Sektor pertanian terbukti menjadi industri yang tangguh menghadapi badai Covid-19 yang masih terus menjalar. Menurut catatan Kementerian Pertanian, ketika banyak industri tertekan oleh pandemi itu, pertanian mampu menjadi sektor yang tetap bertahan dan tumbuh. “Kalau kita lihat dari PDB, hanya pertanian yang naik. Sektor lain semua minus. Ekspor kita juga naik 15,79% dengan nilai Rp 451,77 triliun di 2020. Dan tahun ini, baru triwulan I saja kita sudah menyumbang 39,99%. Ini artinya pertanian memang dibutuhkan,” kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat berbicara dalam acara pelatihan para penyuluh pertanian dan petani seluruh Indonesia secara online, Minggu (4/7/2021).

Indonesia merupakan pasar paling potensial untuk alsintan. Berbagai merek dan jenis alat  pertanian sudah tersedia di Indonesia untuk mendukung mekanisasi usaha pertanian.

Salah satu contohnya adalah traktor diesel Kubota MX5100 4WD. Mesin ini merupakan traktor terbaru Kubota yang sempurna untuk lahan kering. Dikutip dari website www.kubota-kmi.co.id, traktor ini diklaim menawarkan efisiensi operasional yang mengagumkan. Ditopang tenaga 50 HP, alat ini menyemburkan tenaga untuk bekerja lebih efisien.

Apa saja keunggulan-keunggulan yang dimiliki traktor ini? Pertama, traktor diesel Kubota MX5100 4WD menawarkan kenyamanan lebih kepada operator. Mesin ini memiliki dek yang rata sehingga memudahkan saat naik dan turun dari traktor. Dengan dek selebar 30 inci, tersedia ruang yang lega untuk menjamin kenyamanan selama bekerja. Ditambah lagi pedal-pedal oprasi dengan tangan yang memberikan keleluasaan kaki operator selama bekerja.

Kedua, traktor diesel Kubota MX5100 4WD dirancang untuk memudahkan perawatan. Kap mesin yang kuat dibuat menyatu dan dapat terbuka penuh dengan mudah, sehingga perawatan rutin dapat dilakukan lebih cepat dan lebih efisien.

Ketiga, Kubota MX5100 mudah pengoperasiannya karena semua tuas pemindah roga gigi terletak di sisi kiri operator. Ini memudahkan operator saat memindahkan traktor ke posisi maju dan mundur, serta memberikan kemudahan saat melakukan pekerjaan yang membutuhkan pergerakan maju/mundur secara bergantian.

Keempat, Kubota MX5100 memiliki kemampuan manuver yang handal karena traktor ini menghasilkan tenaga tarik yang andal pada hampir setiap kondisi lahan. Sistem penggerak roda depan menggunakan bevel gear asli yang menghasilkan penggerak yang mulus dan bertenaga, serta kemampuan bermanuver yang lebih baik. (TI)

Related posts

Palazzani Luncurkan Spider Crane Baru

william

Syahrul Yasin Limpo Pimpin Panen Raya Padi di Karawang

william

Pasar Mesin Pertanian Italia Membaik di Akhir 2020

william