Image default
Agriculture Tractor Machinery Tractor News

Mengenal traktor roda 4 QUICK A360

Industri mesin pertanian tampaknya kurang terusik oleh pandemi Covid-19 yang masih menjalar hingga kini. Itu karena harga komoditas pertanian yang tetap atraktif dan  program food estate yang sedang digalakkan pemerintah Indonesia. Food estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan bahkan peternakan di suatu kawasan. Program food estate dikembangkan pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan suatu daerah agar terjadi pemerataan dan menguatkan pangan nasional serta meningkatkan laju positif ekspor pertanian.

Usaha pertanian yang terus bergairah itu membuat industri alat pertanian makin tumbuh. Kemajuan usaha pertanian sangat mengandalkan penggunaan mesin-mesin pertanian mulai dari pembukaan lahan, pembajakan, perawatan, pemanenan hingga pengumpulan hasil panen.  

Untuk meningkatkan produktivitas petani-petani Indonesia, produsen mesin-mesin pertanian yang bermarkas di Yogjakarta,  CV Karya Hidup Sentosa (KHS) memperkenalkan traktor empat roda, Quick A 360. Quick merupakan brand mesin-mesin pertanian buatan perusahaan ini.

Melansir quick.co.id, traktor roda empat Quick A 360 dibekali dengan teknologi-teknologi terkini untuk mengolah lahan yang luas dan datar. Alat ini dapat dilengkapi dengan berbagai implement (perlengkapan kerja) untuk membajak sawah, mencacah tanah, hingga memotong rumput liar. Sumber tenaga traktor ini adalah engine Mitsubishi 36 HP, kapasitas 1.662 cc, plus tiga silinder dan berpendingin air. Level getaran engine ini rendah dan suaranya halus. Pemakaian bahan bakarnya efisien dengan emisi gas buang yang ramah lingkungan.

Traktor Quick A 360 menggunakan hydraulics pump atau pompa hidrolik yang mampu mengangkat implement sampai 1200 kg – diklaim sebagai kapasitas angkat tertinggi di kelasnya.

Traktor Quick A 360 tangguh dan handal di lahan kering maupun berlumpur. Untuk menjamin kelancaran operasinya, traktor ini menggunakan lampu depan halogen sehingga meningkatkan jarak pandang dan lebih terang.

Quick A 360 memiliki tempat duduk yang dapat disetel (adjustable seat) posisinya sesuai dengan keinginan operator.

Untuk kecepatan, traktor ini menawarkan dua tingkat kecepatan PTO, yaitu 590/850 rpm, yang diaplikasikan untuk berbagai macam implement.

Menggunakan Synchronize Transmission memungkinkan pemindahan 16 tingkat kecepatan yang halus pada saat berjalan (8 maju + 8 mundur)

Yang tidak kalah pentingnya adalah Full Open Bonet yang memberikan kemudahan kepada operator saat mudah melakukan pengecekan kondisi screen radiator, saringan udara, volume air pendingin dan kecukupan oli mesin.

Traktor Quick A 360 memiliki ground clearance tinggi. Jarak antar sumbu roda panjang (1.650 mm) dan ground clearance tinggi (390 mm). Ini membuat traktor tersebut stabil, dan cocok bekerja di lahan sawah yang berlumpur.

CV Karya Hidup Sentosa (KHS) berdiri pada tahun 1953 di Yogyakarta, yang diklaim sebagai perusahaan swasta nasional terbesar dalam industri traktor tangan roda dua, traktor roda empat, dan traktor angkut pedesaan roda empat dengan merek QUICK. TI

Related posts

Yanmar Mengembangkan Robot Pertanian

william

Luhut Ikut Panen Perdana di Food Estate Humbahas

william

SDLG L956F Jadi Ujung Tombak Produksi Perusahaan Pakan Ternak di Jawa Timur

william