Image default
Agriculture Equipment

Alat Mesin Pertanian Bantuan Jokowi Diterima Petani Malang

Para petani di Malang, Jawa Timur sudah menerima bantuan alat mesin pertanian dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (18/5/2021) lalu.

Alat-alat mesin pertanian tersebut berupa handtractor empat unit, combine harvester besar satu unit, combine harvester sedang satu unit, power tresher multiguna satu unit, dan packing beras satu unit serta mesin pengering (vertical dryer) padi berkapasitas 10 ton sebanyak satu unit.

Bantuan ini diserahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) didampingi Bupati Malang, M. Sanusi. Ini adalah tindak lanjut dari kunjungan kerja dan janji Presiden Jokowi pada 29 April lalu di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.

“Kami hadir di sini sesuai disampaikan dan dijanjikan Bapak Presiden Jokowi, setelah melihat dan cukup gembira melihat hasil panen di Kabupaten. Dan Kabupaten Malang ini kurang lebih memperlihatkan dinamika produktivitas ketahanan pangan di seluruh Indonesia sebayak 7,4 juta hektar, hal ini diapresiasi Bapak Presiden. Oleh karena itu, kami menyerahkan bantuan alsintan ada vertical dryer, truk kecil, traktor, combine dan lainnya,” kata Syahrul Yasin Limpo sebagaimana dikutip dari situs resmi Kementerian Pertanian.

Syahrul Yasin Limpo menegaskan, bantuan yang digelontorkan tersebut diarahkan untuk peningkatan produksi pangan dan kesejahteraan petani. Pengembangan alsintan diharapkan harus seimbang dengan tenaga kerja manusia sehingga pengembangan pertanian tetap memberdayakan petani dengan teknologi pertanian yang maju.

“Dengan demikian, adanya bantuan sesuai perintah Bapak Presiden ini menjadikan Kabupaten Malang sebagai penarik atau melokomotifasi daerah-daerah lainnya dalam meningkatkan produktivitas pangan,” ujarnya.

Ia meneruskan, “Jika pengembangan pertanian modern ini kita berhasil lakukan, tentunya dilakukan variasi pengembangan pertanian, dimana tidak hanya produksi padi dan jagung, tetapi juga kita kembangan produksi sayur-sayuran, buah-buaha, peternakan seperti itik dan bebek dan tanaman perkebunan yang meningkatkan kesejahteraan petani.”

Related posts

Wijaya Machinery Perkasa Jadi Pionir Forklift Baterai Lithium

william

Komitmen Cepat dan Pasti Trakindo Untuk Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

william

Mesin Pertanian Jangan Sampai Hilangkan Pekerjaan Buruh Tani

william