Image default
Agriculture

Hasil Suvei, Masyarakat Mengapresiasi Kinerja Kementerian Pertanian

Apresiasi publik terhadap kinerja Kementerian Pertanian sepanjang tahun lalu bagus. Hal itu terlihat dari hasil survei kepuasan masyarakat (SKM) yang dilakukan dalam rentang waktu 1 Januari hingga 31 Desember 2020 lalu.

Berdasarkan suvei yang berlangsung secara dalam jaringan (daring) oleh Kementerian Pertanian itu sendiri, nilai indeks kepuasan masyarakat (IKM) Kementerian Pertanian pada 2000 mencapai 87,04%.

“Hasil ini menunjukkan bahwa kualitas mutu pelayanan Kementan ada pada kategori B atau Baik. Dimana, nilai indek tertinggi adalah unsur (U8) Sarana dan Prasarana, sedangkan terendah adalah unsur (U3) Waktu Layanan,” demikian bunyi keterangan yang diambil dari situs resmi Kementerian Pertanian, Pertanian.go.id, Jumat (23/4/2021).

Survei Kepuasan Masyarakat sendiri adalah kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik dalam hal ini Kementan, sesuai amanat Undang-Undang No 24 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Lebih lanjut disebutkan, kualitas pelayanan publik dapat dilihat dari ketepatan waktu pelayanan, akurasi pelayanan, kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan, kemudahan mendapatkan pelayanan, dan atribut pendukung pelayanan.

Melalui SKM, masyarakat sebagai pengguna layanan didorong untuk memberikan partisipasi dalam menilai kinerja pelayanan Kementan agar terjadi peningkatan atau perbaikan kualitas pelayanan dengan melakukan inovasi-inovasi.

 

Related posts

BKT Luncurkan Skid Max SR-Skidder Tires – Ban Radial untuk Loader & Telehandler

william

Shantui – Spesialis Bulldozer Yang Kuasai Pasar Global

william

Yanmar Mengembangkan Robot Pertanian

william