Image default
Agriculture Tractor Machinery

Peluang Mekanisasi Sektor Pertanian Sangat Besar

Peluang mekanisasi di sektor industri pertanian masih cukup besar ke depan. Lebih-lebih lagi bila pandemi Covid-19 terus berlangsung.

Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan akan membuat pembatasan pergerakan manusia juga diperpanjang. Kerumunan manusia juga akan berdampak pada sektor pertanian, lebih-lebih di perkebunan. Situasi seperti ini mendorong akan makin cepatnya mekanisasi di sektor tersebut.

“Ke depan, peluang mekanisasi cukup besar. Saya sudah diskusi dengan beberapa distributor dan semua berpendapat bahwa peluang ini besar. Terutama karena Covid-19 yang membatasi jumlah kerumunan orang,” kata Direktur Pemasaran Maxi Utama Energy, distributor traktor buatan Jerman, Deutz Fahr, Dadan H dalam wawancara dengan Tractorindonesia.com lewat zoom, Rabu (14/4/2021).

Lebih jauh dia menjelaskan, mekanisasi juga akan makin cepat karena angkatan kerja sekarang yaitu angkatan kerja milenial tidak mau lagi berpanas-panasan di bawah terik matahari ketika bekerja di sektor perkebungan. Situasi ini juga mendorong makin cepatnya mekanisasi ini.

Gunakan Mesin

Dengan mekanisasi, kata dia, sebagian besar pekerjaan di sektor pertanian dilakukan oleh mesin. Di sektor perekbunan kelapa sawit, misalnya, proses memetik dan memungut buah sawit dilakukan dengan mesin. Tidak banyak menggunakan tenaga manusia lagi.

Hanya saja, upaya mekanisasi ini memang tidak mudah dan masih butuh kerja keras dari semua pihak, termasuk para distributor untuk meyakinkan petani mulai beralih menggunakan mesin. Supaya dengan begitu hasilnya lebih maksimal.

“Memang tidak semua distributor mau melakukan seperti itu (proses edukasi terhadap petani) karena terkait cost juga. Tetapi kita mau supaya dunia pertanian kita bisa lebih maju. Yang penting, perlu edukasi petani-petani kita,” ujarnya lagi.

Related posts

Kemajuan Teknologi Dorong Pertumbuhan Pasar Mesin Pertanian

william

Kemtan Beri Pendampingan Maksimal untuk Perkuat Food Estate

william

Hasil Suvei, Masyarakat Mengapresiasi Kinerja Kementerian Pertanian

william