Image default
Agriculture

Kerja Sama Antarkementerian Penting dalam Proyek Food Estate

Kerja sama Kementerian Pertanian, Kementerian PUPR, dan Kementerian Desa sangat penting dalam pengembangan Food Estate di Kalimantan Tengah.

Bukan hanya itu. Kolaborasi antara tim riset yaitu para guru gesar ahli Food Estate dari Universitas Palangkaraya juga penting untuk kemajuan proyek ini.

“Jadi kami, sesuai perintah Pak Presiden, dengan Menteri Pertanian, Menteri PUPR, Kepala Staf Presiden meninjau lahan pengembangan food Estate yang direncanakan seluas 167.000 hektar tetapi di sini sebagai tahap awal seluas 20.000 ha, saya kira prosesnya bagus,” kata Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat diwawancarai seusai meninjau lahan Food Estate pada Selasa (6/4/2021) lalu sebagaimana dikutip dari Pertanian.go.id.

Luhut juga meminta agar rekayasa tata kelola air, pengolahan naik turunnya air disikapi secara serius. Sebab ketersediaan air sangat penting untuk keberhasilan lahan pertanian. Tidak hanya itu, sistem air harus terus dijaga baik itu pada musim hujan maupun musim kemarau.

“Nanti airnya itu bisa diatur demikian rupa sehingga tidak menjadi banjir dan itu bisa nanti air digunakan menjadi untuk menghindari kebakaran seperti 2015,” ujarnya.

Dia melanjutkan, “Semua yang dilakukan kan dengan AI (artificial intelligence) sehingga penggunaan pupuk dan penyebaran pupuk dan sebagainya dapat diatur. Jadi, kalau kita lakukan ini segera akan memberikan kontribusi pada ketahanan pangan kita.”

 

 

Related posts

Merlo perkenalkan telehandler dengan turret berputar

william

Pemerintah Siapkan Langkah Strategis Amankan Stok Beras Nasional

william

Traktor-Traktor “Era Baru” Massey Ferguson MF 8S Sudah Mendarat

william