Image default
Business

EIMA International 2021: Pameran Dengan Tema “Hijau”

Pameran mesin pertanian EIMA Internasional terkonfirmasi akan diselenggarakan pada Oktober mendatang, dan akan fokus pada isu-isu keberlanjutan dan digitalisasi yang menjadi inti dari agenda politik Eropa. Lebih dari 1.500 pabrikan telah mendaftar untuk acara tersebut, termasuk lebih dari 400 dari luar negeri, dengan serangkaian teknologi terluas untuk menyesuaikan kebutuhan-kebutuhan produksi dengan perlindungan lingkungan.

Pameran EIMA International edisi 2021, yang dijadwalkan akan berlangsung di Bologna, 19 – 23 Oktober, akan menjadi lebih “topikal” dari sebelumnya. Dalam konteks bahwa “Kesepakatan Hijau” mulai terbentuk di Eropa, di mana transisi ekologis menjadi prioritas bagi para pemerintah di kawasan itu, dan mereka menjadikan digitalisasi sebagai syarat untuk inovasi proses produksi, EIMA International akan memberikan kontribusi yang bernilai strategis tinggi.

Dikutip dari rilis FederUnacoma yang diterima Equipment Indonesia, Selasa  (2/3), pameran yang luar biasa besar untuk mesin-mesin dan teknologi-teknologi pertanian, lanskap, dan komponen-komponen yang terkait ini kan menawarkan seluruh lanskap teknologi dan perangkat elektronik untuk penggunaan sumber daya alam yang benar dan implementasi proses yang berkelanjutan secara lingkungan.

Pameran ini dibagi menjadi 14 sektor produk dan lima ruang bertema khusus, serta akan menampilkan semua solusi yang menjamin kompatibilitas lingkungan, yang sekarang menjadi prioritas dalam kebijakan pertanian UE yang baru. Perhatian khusus akan diberikan pada model-model baru yang telah memenangkan Penghargaan Inovasi Teknis dan terutama pada model-model yang dianugerahi hadiah keberlanjutan “Biru”.

Banyak minat yang mungkin akan timbul oleh berbagai produk yang dipamerkan  pada acara “Idrotech”, yang didedikasikan untuk sistem optimalisasi sumber daya air, serta pada pameran “Digital” yang didedikasikan untuk  aplikasi-aplikasi elektronik, komputer dan satelit yang membantu kontrol pengolahan dan manajemen ilmiah  faktor-faktor produksi, untuk mencapai model 4.0 di bidang pertanian.

Yang menjadi sasaran dari EIMA “Energy” adalah konversi menuju sumber daya terbarukan, yang menawarkan sistem mekanisasi untuk seluruh rantai pasok bioenergi. Pelestarian bahan organik di dalam tanah, pengurangan pemakaian bahan-bahan kimia dan pencegahan risiko-risiko geologi akan menjadi subyek berbagai konferensi dan seminar sebagai bagian dari kalender berbagai acara yang akan berlangsung sepanjang pameran.

“EIMA 2021 akan berdampak besar dalam hal penawaran teknologi,” kata Alessandro Malavolti, presiden FederUnacoma, federasi industri manufaktur Italia yang menjadi penyelenggara langsung acara tersebut, “dan akan memiliki pengaruh yang cukup besar dalam hal konten politik, yang membantu mempromosikan strategi untuk memandu pertanian menuju transisi hijau.

Seperti biasa, pameran teknologi diharapkan sangat luas, mengingat hingga saat ini 1.500 produsen telah mengonfirmasi keikutsertaan mereka, dengan lebih dari 400 perusahaan asing yang akan berpartisipasi. Lebih banyak lagi yang dapat bergabung jika pembatasan yang diberlakukan oleh darurat kesehatan di beberapa negara dicabut.

“Industri-industri dari setiap negara akan mengambil bagian dalam EIMA dengan teknologi-teknologi yang semakin berkelanjutan,” Malavolti menyimpulkan, “karena transisi ekologi adalah elemen kualifikasi ekonomi Eropa, tetapi yang pertama dan terpenting ini adalah kebutuhan vital bagi seluruh planet”. (Sumber: FederUnacoma) 

Related posts

Pelaku Usaha Siap Serap Bawang dan Kentang Food Estate Sumatera Utara

william

Mentan Lepas Ekspor Perdana Produk Olahan Unggas ke Qatar

william

Produksi Dalam Negeri Lesu, Impor Alat Bekas Makin Marak

william